Rabu, 01 Agustus 2007

Berkeluh-Kesah

KETIKA MANUSIA BERKACA DIRI

Oleh: Muhsin Hariyanto

Banyak hal yang menyita waktu manusia untuk mengumpat dan berkeluh-kesah, karena dirinya tak terpuaskan dengan keberadaannya. Kadang mereka pun menyapa Tuhan-nya dengan sumpah-serapah, seolah tak sadar bahwa ia telah mendapatkan kecukupan nikmat. Ia pun sering lupa untuk bersyukur atas semua karunia-Nya dan bersabar atas semua bentuk ujian-Nya.

“Sesungguhnya manusia diciptakan bersifat keluh kesah lagi kikir. Apabila ia ditimpa kesusahan ia berkeluh kesah. Dan apabila ia mendapat kebaikan ia amat kikir. Kecuali orang-orang yang mengerjakan shalat. Yang mereka itu tetap mengerjakan shalatnya“. (QS al-Ma’arij, 70: 19-23).

Setiap tujuan tak pernah lepas dari proses yang mengawalinya. Terkadang proses itu begitu memberatkan, menyulitkan, dan melelahkan. Dalam keadaan seperti ini, biasanya manusia cenderung berkeluh kesah dan tidak sabar. Adakalanya manusia lupa untuk bersyukur atas semua Nikmat Tuhannya, padahal ia tak akan pernah sanggup menghitung seluruh nikmat Tuhan yang telah diberikan kepadanya.

Tuhan pun --- kata Rasulullah saw -- menjanjikan pahala bagi mereka yang mau dan ikhlas bersusah payah untuk menggapai kebaikan.
Dalam sebuah hadis disebutkan: bahwa ada seorang laki-laki yang tinggal amat jauh dari masjid.

Namun, ia tak pernah sekalipun melewatkan shalat berjamaah bersama dengan Rasulullah SAW di masjid tersebut. Meskipun ia harus berjalan kaki menempuh jarak yang cukup jauh, siang dan malam. Para sahabat merasa kasihan melihat kondisinya yang seperti itu setiap hari. Mereka mencoba memberikan solusi. ''Mengapa engkau tidak membeli seekor keledai yang bisa dikendarai di gelapnya malam dan teriknya siang?'' Laki-laki itu menjawab, ''Aku tidak ingin demikian. Aku ingin Allah SWT mencatat setiap langkahku ketika berangkat ke masjid, dan ketika kembali ke rumah.''

Rasulullah SAW yang mendengar hal itu berkata, ''Allah telah mengumpulkan semua kebaikan yang kau inginkan itu untukmu.'' (HR Muslim). Hadis di atas menjelaskan bahwa setiap lelah yang dirasakan seorang hamba demi melakukan suatu ibadah akan mendapatkan ganjaran yang setimpal berupa pahala dari Allah SWT, selama ia tidak berkeluh kesah dan ikhlas terhadap apa yang dijalankan.

Berkeluh kesah adalah sifat buruk yang tidak pantas dimiliki oleh seorang Muslim. Hanya orang-orang pilihanlah yang mampu menghindari sifat ini. Mereka adalah orang-orang yang senantiasa menjalankan shalatnya, menginfakkan hartanya kepada orang yang berhak, meyakini adanya hari pembalasan, takut terhadap azab Allah SWT, menjaga kehormatannya, menjaga amanah, dan teguh pada kesaksiannya.

Dengan berusaha menjalankan hal-hal di atas, sifat keluh kesah dengan sendirinya akan hilang. Tujuan yang diinginkan dapat diperoleh dan kebahagiaan hidup dunia dan akhirat pun akan tercapai. Dan semuanya akan tergapai hanya dengan “shalat yang terjaga”.

Tidak ada komentar: