Senin, 24 September 2007

HARI TERAKHIR RAMADHAN

HARI TERAKHIR RAMADHAN

Tidak terasa kita sudah mencapai hari terakhir bulan Ramadhan. Semoga Ramadhan kali ini kita dapat menyelesaikan ibadah puasa kita dengan sempurna, bukan sekedar lapar dan dahaga saja. Kita berbahagia karena kita dapat memenuhi panggilan Allah SWT, sementara saudara-saudara kita yang lain tidak dapat beribadah puasa lagi karena sudah berpulang ke rahmatullah . Dan seperti setiap ibadah dimaksudkan untuk keutamaan hidup, maka ibadah puasa ini pun semoga dapat dilaksanakan lebih baik hendaknya dan mencapai sasaran pokok: la'allakum tattaqum (agar kamu menjadi orang-orang yang takwa) dalam membina kehidupan yang diridhai Allah SWT.

Alangkah baiknya kalau dalam kesempatan ini, kita merenungkan kembali hadis-hadis Rasulullah SAW yang berkaitan dengan ibadah puasa menjelang hari-hari terakhir bulan Ramadhan:

Diriwayatkan dari Nabi SAW bahwa beliau bersabda:" Sesungguhnya Allah Ta'ala pada setiap jam di bulan Ramadhan membebaskan enam ratus ribu orang dari neraka, di antara mereka yang sepatutnya mendapat siksa , sampai tiba lailatul qadar. Sedang pada malam qadar itu, Dia membebaskan sebanyak orang yang dibebaskan sejak awal bulan. Dan pada Hari Raya Fitrah , Dia membebaskan sebanyak orang yang dibebaskan sejak awal bulan sampai Hari Raya Fitrah itu".Dan dari Jabir, dari Nabi SAW bahwa beliau bersabda:" Apabila tiba malam terakhir dari bulan Ramadhan, maka menangislah langit, bumi dan para malaikat atas musibah yang menimpa umat Muhammad SAW."

Seseorang bertanya:"Ya Rasulullah, musibah apakah itu?

Jawab Rasulullah SAW:"Perginya bulan Ramadhan. Karena sesungguhnya doa-doa di waktu itu dikabulkan, sedekah-sedekah diterima, kebaikan-kebaikan dilipatkan, sedang azab ditahan."

Oleh karenanya, musibah manakah yang lebih besar daripada perginya bulan Ramadhan. Apabila langit dan bumi saja menangis demi kita, maka kita lebih patut menangis dan menyesal atas terputusnya keutamaan-keutamaan dan kemuliaan-kemuliaan ini dari kita.
Dalam hadis lain disebutkan:

Tidak ada bulan yang lebih baik dari bulan Ramadhan bagi Kaum Muslim.

Orang yang berbuat dosa di antara waktu shalat fardhu yang lima, shalat Jum'at sehingga Jum'at berikutnya, dan bulan Ramadhan hingga bulan Ramadhan berikutnya, akan dihapuskan dosa-dosanya apabila ia melakukan ibadah tersebut, dan menjauhkan diri dari perbuatan dosa-dosa besar.

Rasulullah SAW juga bersabda:

Alangkah kecewanya orang yang sejak tiba bulan Ramadhan hingga habis bulan tidak diberi ampunan.

Orang yang seperti itu akan menyesal karena melalaikan ibadah dalam bulan Ramadhan; demikian pula pauasanya hampa belaka, karena tidak mendapat karunia ampunan Allah SWT.

Abu Ayub Al-Anshari r.a. berkata, bahwasanya Rasulullah SAW bersabda:"Barangsiapa yang berpuasa Ramadhan, kemudian diikutinya puasa itu dengan puasa enam hari pada bulan Syawwal, maka pahalanya sama dengan puasa satu tahun" (HR Muslim).

Kita semua mengetahui bahwa bulan Ramadhan adalah bulan rahmat, bulan kasih sayang. Pada bulan ini, Allah melimpahkan kasih sayang-Nya pada kaum Mukmin. Pada gilirannya, kita pun diperintahkan menyebarkan kasih sayang pada segenap makhluk-Nya. Pada bulan Ramadhan misalnya, Allah mendidik kita untuk merasakan lapar dan dahaga, supaya tumbuh pada diri kita rasa sayang pada mereka yang dalam hidupnya senantiasa bersahabat dengan lapar dan dahaga. Pada akhir Ramadhan, kita wujudkan rasa kasih ini dengan mengeluarkan zakat fitrah.
Besok pagi kita akan merayakan Idul Fitri. Kita akan berkumpul dengan saudara-saudara kita - sesama kaum Muslim - untuk menyampaikan syukur ke hadirat Allah SWT. Telah kita selesaikan tiga puluh hari yang penuh ibadah dan kesucian. Telah kita tinggalkan saat-saat bahagia ketika kita berkumpul bersama keluarga seusai adzan maghrib; saat-saat yang indah ketika kita memenuhi masjid untuk menuntut ilmu, tadarus, dan tarawih; saat-saat yang khidmat ketika kita bangun di waktu dini hari; makan sahur seraya menjelang azan subuh kita isi dengan dzikir, istighfar, dan du'a. Akan kita tinggalkan bulan yang bukan saja dipenuhi ibadah kepada Allah, tetapi juga bulan ketika kita menaburkan kasih-sayang kepada sesama hamba Allah. Seperti kata Rasulullah SAW," inilah bulan yang pada awalnya kita sebarkan kasih sayang, pada pertengahannya kita taburkan ampunan, dan pada kahirnya kita membebaskan diri dari api neraka.

Tidak ada komentar: