Senin, 01 Oktober 2007

AMAR MA'RUF NAHI MUNKAR

AMAR MA’RUF NAHI MUNKAR

Sejenak marilah kita amati dan cermati keadaan masyarakat kita, mereka tenggelam dalam kemunkaran, kemaksiatan dan kedurhakaan kepada Allâh Subhânahu wa Ta'âla di antaranya adanya kasus KKN (korupsi, kolusi dan nepotisme), manipulasi, penipuan, perampokan, pencurian, pembunuhan, pemerkosaan, adanya pasangan zina PIL (Pria Idaman Lain) dan WIL (Wanita Idaman Lain), penyelewengan/penyimpangan seksual dan lain sebagainya.
Sehingga kalau kita cermati banyak faktor kenapa kemunkaran-kemunkaran itu dilakukan masyarakat. Di antara faktor-faktor tersebut ialah:
1. Kebodohan umat (Islam) terhadap ajaran dîn al-Islâm
Masyarakat kita memang mayoritas muslim tetapi mayoritas pula dari mereka tidak tahu dengan ajaran dîn-nya sendiri. Sehingga kita ketahui banyak orang yang mengaku Islam, namun tidak mengetahui apa ajaran Islam itu, apa yang diperintahkan Islam dan apa yang dilarang Islam. Sehingga tidak jarang kita dapati orang yang melakukan kemunkaran namun ia anggap itu hal biasa atau bahkan dianggap sebagai suatu kebenaran. Keadaan seperti ini kalau kita biarkan maka akan terus berlanjut dan masyarakat kita akan tetap tenggelam dalam kubangan lumpur kemunkaran. Tentu kita semua berhasrat merubah keadaan masyarakat kita kepada yang lebih baik dalam takaran syariat Islam. Maka mari kita ajak masyarakat untuk kembali mendalami ajaran dîn kembali kepada Islam secara keseluruhan.
Firman Allah:
يَاأَيُّهَا الَّذِينَ ءَامَنُوا ادْخُلُوا فِي السِّلْمِ كَافَّةً وَلَا تَتَّبِعُوا خُطُوَاتِ الشَّيْطَانِ إِنَّهُ لَكُمْ عَدُوٌّ مُبِينٌ
“Hai orang-orang yang beriman, masuklah kalian ke dalam Islam secara keseluruhan dan janganlah kamu ikuti langkah-langkah syaithan. Sesungguhnya syaithan itu musuh yang nyata bagimu.” (QS al-Baqarah, 2: 208).
Menurut Ibnu Abbas, Mujahid, Thawus, al-Dhahhak, Ikrimah, Qatadah, As-Suddiy, Ibnu Zaid, kata (as-silmi) di sini maksudnya al-Islâm.
Menurut Mujahid kata (kâffah) di sini ialah seluruh amalan baik, dalam syariat Nabi Muhammad s.a.w. (Tafsir Ibnu Katsîr, 1/335).
Sudah seharusnya, kita kembali kepada ajaran Islam yang murni yang utuh yang tidak tercampur dengan syirik, bid’ah, khurafat dan takhayul. Ajaran-ajaran yang dibawa Rasulullah s.aw., kemudian beliau wariskan kepada sebaik-baik generasi, generasi salafus-shalih yaitu para shahabat, tabi’in dan tabi’ut tabi’in yang secara konsisten mengikuti beliau.
2. Lemahnya Iman dan Godaan Syaithan
Perlu diketahui bahwa tidak semua orang yang melakukan kemunkaran itu ia tidak tahu bahwa itu adalah kemunkaran akan tetapi ada kalanya karena iman yang lemah sehingga lebih cenderung melakukan kemunkaran dengan anggapan “Ah ini cuma dosa kecil … ah cuma sekali saja”. Dari sini perlu kiranya kita memperkuat iman kita sehingga mampu menangkis segala kemunkaran dan kemaksiatan. Kita bisa bayangkan betapa indahnya hidup ini bila semua lapisan mempunyai iman yang kuat. Yang menjadi rakyat kecil tidak akan mencuri atau merampok walaupun hidup miskin. Karena ia tahu itu akan mendatangkan siksa Allah. Yang menjadi pedagang tidak akan menipu karena ia tahu bahwa menipu itu dosa. Yang menjadi pejabat tidak akan melakukan KKN, karena mereka tahu Allah akan mengazabnya kelak.
Sebenarnya kalau kita sadari bahwa ketika iman kita dalam keadaan lemah sehingga mudah sekali digoyahkan maka pada saat itu pula sebenarnya kita sedang diincar oleh musuh. Kita tidak bisa melihat musuh kita sedang ia selalu mengintai kita, musuh kita adalah syaithan. Syaithan yang sudah sejak dulu bersumpah akan selalu menggoda manusia supaya terjerumus ke dalam Neraka Jahanam.
Demikian tadi dua faktor di antara faktor-faktor kenapa kemunkaran-kemunkaran itu dilakukan manusia.
Kemunkaran itu akan terus berlanjut apabila sama-sama kita biarkan. Tentu kita sebagai seorang muslim tidak boleh tinggal diam. Karena kita diperintahkan untuk mencegah kemunkaran.
Sabda Rasul s.aw.:
مَنْ رَأَى مِنْكُمْ مُنْكَرًا فَلْيُغَيِّرْهُ بِيَدِهِ فَإِنْ لَمْ يَسْتَطِعْ فَبِلِسَانِهِ فَإِنْ لَمْ يَسْتَطِعْ فَبِقَلْبِهِ وَذَلِكَ أَضْعَفُ اْلإِيْمَانِ.
Barangsiapa di antara kamu melihat kemunkaran maka ia harus mengubah dengan tangannya, jika tidak mampu maka dengan lisannya dan jika tidak mampu maka dengan hatinya dan yang demikian itu adalah selemah-lemah iman.” (HR. Muslim dari Abu Sa’id, 1/22).
Dan firman Allah:
وَلْتَكُنْ مِنْكُمْ أُمَّةٌ يَدْعُونَ إِلَى الْخَيْرِ وَيَأْمُرُونَ بِالْمَعْرُوفِ وَيَنْهَوْنَ عَنِ الْمُنْكَرِ وَأُولَئِكَ هُمُ الْمُفْلِحُونَ
“Dan hendaklah ada di antara kamu segolongan umat yang menyeru kepada kebajikan, menyuruh yang ma’ruf dan mencegah yang munkar, merekalah orang-orang yang beruntung.” (QS. Âli ‘Imrân, 3: 104).
Ibnu Katsîr Rahimahullâh dalam tafsirnya mengatakan: “Hendaklah ada segolongan dari umat ini berada pada posisi ini.” (Tafsir Ibnu Katsîr 1/518).
Ath-Thabari berkata:
 Al-khair di sini ialah: Islam dan syariatnya yang disyariatkan Allah pada hambaNya.
 Al-Ma’ruf di sini ialah: mengikut Nabi s.aw. dan dîn Islam yang dibawanya.
 Al-Munkar di sini ialah: kufur pada Allah, mendustakan Nabi s.a.w. dan apa-apa yang dibawanya (Tafsir ath- Thabari, 4/26).
Juga dalam ayat ini disebutkan hendaklah ada segolongan dari kita yang menyeru kepada kebajikan mencegah kemunkaran. Bagaimana kalau yang melakukan kemunkaran itu dari Sabang sampai Merauke sedang yang menyeru hanya segolongan orang apalagi sendirian, bagaimana kalau yang melakukan kemunkaran itu di Sabang sedang segolongan yang mencegah berada di Mataram atau mungkin yang satu di Jakarta dan yang satu lagi di Maluku. Maka yang namanya amar ma’ruf nahi munkar itu wajib kita tegakkan bersama di mana kita berada.
Firman Allah:
كُنْتُمْ خَيْرَ أُمَّةٍ أُخْرِجَتْ لِلنَّاسِ تَأْمُرُونَ بِالْمَعْرُوفِ وَتَنْهَوْنَ عَنِ الْمُنْكَرِ وَتُؤْمِنُونَ بِاللَّهِ وَلَوْ ءَامَنَ أَهْلُ الْكِتَابِ لَكَانَ خَيْرًا لَهُمْ مِنْهُمُ الْمُؤْمِنُونَ وَأَكْثَرُهُمُ الْفَاسِقُونَ
“Kamu adalah umat yang terbaik yang dilahirkan untuk manusia, menyuruh kepada yang ma`ruf, dan mencegah dari yang munkar, dan beriman kepada Allah. Sekiranya Ahli Kitab beriman, tentulah itu lebih baik bagi mereka; di antara mereka ada yang beriman, dan kebanyakan mereka adalah orang-orang yang fasik.” (QS. Âli Imrân, 3: 110).
Ibnu Katsîr menyebutkan bahwa yang benar umat di sini umum, yaitu semua umat disetiap zamannya (Tafsir Ibnu Katsîr, 1/519). Mujahid berkata: Kamu akan menjadi sebaik-baik umat jika kamu mau beramar ma’ruf nahi munkar (Tafsir al-Qurthubi, 4/171)
Juga firman Allah:
وَالْمُؤْمِنُونَ وَالْمُؤْمِنَاتُ بَعْضُهُمْ أَوْلِيَاءُ بَعْضٍ يَأْمُرُونَ بِالْمَعْرُوفِ وَيَنْهَوْنَ عَنِ الْمُنْكَرِ وَيُقِيمُونَ الصَّلَاةَ وَيُؤْتُونَ الزَّكَاةَ وَيُطِيعُونَ اللَّهَ وَرَسُولَهُ أُولَئِكَ سَيَرْحَمُهُمُ اللَّهُ إِنَّ اللَّهَ عَزِيزٌ حَكِيمٌ
“Dan orang-orang yang beriman, lelaki dan perempuan, sebahagian mereka (adalah) menjadi penolong bagi sebahagian yang lain. Mereka menyuruh (mengerjakan) yang ma`ruf, mencegah dari yang mungkar, mendirikan sembahyang, menunaikan zakat, dan mereka ta`at kepada Allah dan Rasul-Nya. Mereka itu akan diberi rahmat oleh Allah; sesungguhnya Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.” (QS. at-Taubah, 9: 71).
Ibnu Taimiyah berkata: “Maka wajib atas setiap muslim yang mampu, wajib di sini wajib kifayah dan menjadi wajib ‘ain bagi yang mampu bila tidak ada orang yang melakukannya” (Al-Hisbah fi al-Islâm: 12). Maka dalam hal ini mari kita ajak saudara-saudara kita semua kaum muslimin untuk melaksanakan kewajiban ini.
Firman Allah:
إِنَّمَا الْمُؤْمِنُونَ إِخْوَةٌ فَأَصْلِحُوا بَيْنَ أَخَوَيْكُمْ وَاتَّقُوا اللَّهَ لَعَلَّكُمْ تُرْحَمُونَ
“Sesungguhnya orang-orang mu'min adalah bersaudara karena itu damaikanlah antara kedua saudaramu dan bertakwalah kepada Allah supaya kamu mendapat rahmat.” (QS. al-Hujurât, 49: 10).
Persaudaraan ini harus tetap dipupuk untuk menyatukan langkah menghimpun kekuatan untuk bersama-sama menegakkan amar ma’ruf nahi munkar.
Dari permisalan ini dapat kita ambil pelajaran dari ulah segelintir orang yang berbuat kesalahan akan mendatangkan bahaya bagi semuanya.
Firman Allah:
وَاتَّقُوا فِتْنَةً لَا تُصِيبَنَّ الَّذِينَ ظَلَمُوا مِنْكُمْ خَاصَّةً وَاعْلَمُوا أَنَّ اللَّهَ شَدِيدُ الْعِقَابِ
“Dan peliharalah dirimu dari siksaan yang tidak khusus menimpa orang-orang yang zalim saja di antara kamu. Dan ketahuilah bahwa Allah amat keras siksaan-Nya.” (QS. al-Anfâl, 8: 25)
Kita memohon kepada Allah agar diberi kekuatan bashîrah untuk membedakan antara yang hak dan yang batil, yang ma’ruf dan yang munkar, kemudian kita bersama-sama menegakkan yang ma’ruf dan memberantas segala bentuk kebatilan dan kemunkaran.
Dari pembahasan di atas, dapat disimpulkan:
1. Ada dua faktor dari beberapa faktor kenapa kemunkaran itu terus dilakukan. Pertama, yaitu kebodohan umat dari ajaran dîn al-Islâm, dan sebagai solusinya marilah kita tingkatkan lagi kesadaran untuk mendalami ajaran dîn al-Islâm ini dan kita ajak umat untuk bersama-sama dengan kita, menggalakkan majelis-majelis ta’lim, pengajian-pengajian yang di dalamnya dipelajari ajaran-ajaran dîn dan dikupas segala yang haq dan yang batil, yang ma’ruf dan yang munkar. Yang kedua, adalah lemahnya iman dan godaan syaithan. Untuk itu perlu kiranya kita selalu memperkuat iman kita. Keimanan yang tak tergoyahkan dengan apapun dan mampu menangkis segala bentuk kemunkaran.
2. Beramar ma’ruf dan nahi munkar adalah kewajiban kita semua, mengingat akibat yang akan ditimpakan kepada kita bila kita meninggalkan amar ma’ruf dan nahi munkar.

Tidak ada komentar: